Minggu, 27 Mei 2012

Macam-Macam Komunikasi


  • Komunikasi intrapersonal
Merupakan komunikasi yang terjadi dalam diri individu. Komunikasi intrapersonal juga dapat diartikan sebagai proses bagaimana seorang individu mengolah informasi.
  • Komunikasi interpersonal
Merupakan kebutuhan individu untuk berinteraksi dengan sesama merupakan kebiasaan yang tak dapat dihindari, berkomunikasi jadi kewajiban, karena dengan itu masing-masing individu dapat menyampaikan maksud dari dirinya, nantinya dalam suatu masyarakat akan terwujud kehidupan yang ideal berdasarkan penilaian kesepakatan tersebut.
  • Komunikasi Kelompok 
Setiap hari kita bergumul dengan berbagai aktifitas dan kesenangan. dari aktifitas dan kesenangan itu sendiri disadari atau tidak kita telah masuk dalam komunikasi tertentu atau biasa disebut kelompok.

Unsur-Unsur Komunikasi

Kata atau istilah komunikasi dari bahasa inggris yaitu communication secara etimologis adalah dari bahasa latin yaitu communicatus dan perkataan ini bersumber dari kata communis dalam bahasa 'communis' ini memiliki makna saling berbagi atau menjadi milik bersama yaitu suatu usaha yang memiliki tujuan untuk kebersamaan atau kesamaan makna. Berdasarkan pada hasil kajian Harold Laswell, unsur-unsur yang mempengaruhi suatu komunikasi terdiri dari lima, yaitu pengirim pesan (komunikator), penerima pesan (komunikan), pesan, media dan umpan balik. Dimana kelima unsur tersebut berkaitan dan saling mempengaruhi.

  1. Pengirim Pesan (Komunikator) Merupakan tokoh utama yang memiliki peran penting dalam proses komunikasi. Komunikator dapat berupa perorangan, kelompok, ataupun massa. dialah yang mempuyai pesan untuk disampaikan kepada komunikan. Dalam penyampaiannya, seorang komunikator haruslah percaya diri dan mempunyai attitude yang baik dimana dalam sikap ini mampu mengantarkan informasi sesuai dengan keinginan.
  2. Penerima Pesan (Komunikan) Merupakan seseorang yang mendapatkan suatu pesan. Komunikan juga dapat berupa perorangan, kelompok, ataupun massa. Dapat dikatakan bahwa komunikator dapat menjadi komunikan ataupun sebaliknya komunikan dapat menjadi komunikator.
  3. Pesan Merupakan apa yang disampaikan oleh komunikator terhadap komunikan. Suatu pesan biasaanya dikupas secara panjang lebar untuk berbagai segi. Penyampaian pesan dapat berupa lisan, face to face, maupun melalui media.
  4. Media merupakan alat yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada komunikan baik secara langsung maupun tidak secara langsung.
  5. Feed Back Merupakan hasil akhir suatu komunikasi yaitu sikap dan tingkah laku orang sesuai atau tidak dengan apa yang kita inginkan. Apabila sikap dan tingkah laku itu sesuai dengan yang kita inginkan maka komunikasi tersebut berhasil, demikian juga sebaliknya.

Rabu, 16 Mei 2012

Pengertian Komunikasi Bisnis

Komunikasi bisnis merupakan setiap komunikasi yang digunakan untuk membangun partnership, sumber daya intelektual, untuk mempromosikan suatu gagasan, suatu produk, servis, atau organisasi  dengan sasaran untuk menciptakan nilai bagi bisnis yang dijalankan. Komunikasi meliputi pengetahuan yang menyeluruh dari sisi internal dan eksternal dari bisnis tersebut.
Komunikasi internal termasuk komunikasi visi, strategi, rencana-rencana, kultur/budaya perusahaan, nilai-nilai dan prinsip dasar yang terdapat pada perusahaan, motivasi karyawan, serta gagasan. Komunikasi eksternal termasuk merk, pemasaran, iklan, hubungan pelanggan, humas, hubungan-hubungan media, negosiasi-negosiasi bisnis. Bagaimanapun bentuknya, semua hal tersebut memiliki tujuan yang sama, yaitu menciptakan suatu nilai bisnis (create business value).
Komunikasi bisnis berbeda dengan komunikasi antar pribadi dan komunikasi lintas budaya. Komunikasi antar pribadi merupakan bentuk komunikasi yang lazim dijumpai dalam kehidupan sehari-hari antara 2 orang atau lebih untuk mencapai tujuan tertentu. Komunikasi lintas budaya merupakan bentuk komunikasi yang dilakukan antara 2 orang atau lebih, yang masing-masing memiliki budaya yang berbeda.