Minggu, 27 Mei 2012

Unsur-Unsur Komunikasi

Kata atau istilah komunikasi dari bahasa inggris yaitu communication secara etimologis adalah dari bahasa latin yaitu communicatus dan perkataan ini bersumber dari kata communis dalam bahasa 'communis' ini memiliki makna saling berbagi atau menjadi milik bersama yaitu suatu usaha yang memiliki tujuan untuk kebersamaan atau kesamaan makna. Berdasarkan pada hasil kajian Harold Laswell, unsur-unsur yang mempengaruhi suatu komunikasi terdiri dari lima, yaitu pengirim pesan (komunikator), penerima pesan (komunikan), pesan, media dan umpan balik. Dimana kelima unsur tersebut berkaitan dan saling mempengaruhi.

  1. Pengirim Pesan (Komunikator) Merupakan tokoh utama yang memiliki peran penting dalam proses komunikasi. Komunikator dapat berupa perorangan, kelompok, ataupun massa. dialah yang mempuyai pesan untuk disampaikan kepada komunikan. Dalam penyampaiannya, seorang komunikator haruslah percaya diri dan mempunyai attitude yang baik dimana dalam sikap ini mampu mengantarkan informasi sesuai dengan keinginan.
  2. Penerima Pesan (Komunikan) Merupakan seseorang yang mendapatkan suatu pesan. Komunikan juga dapat berupa perorangan, kelompok, ataupun massa. Dapat dikatakan bahwa komunikator dapat menjadi komunikan ataupun sebaliknya komunikan dapat menjadi komunikator.
  3. Pesan Merupakan apa yang disampaikan oleh komunikator terhadap komunikan. Suatu pesan biasaanya dikupas secara panjang lebar untuk berbagai segi. Penyampaian pesan dapat berupa lisan, face to face, maupun melalui media.
  4. Media merupakan alat yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada komunikan baik secara langsung maupun tidak secara langsung.
  5. Feed Back Merupakan hasil akhir suatu komunikasi yaitu sikap dan tingkah laku orang sesuai atau tidak dengan apa yang kita inginkan. Apabila sikap dan tingkah laku itu sesuai dengan yang kita inginkan maka komunikasi tersebut berhasil, demikian juga sebaliknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar