Komunikasi bisnis merupakan setiap komunikasi yang digunakan
untuk membangun partnership, sumber daya intelektual, untuk mempromosikan suatu
gagasan, suatu produk, servis, atau organisasi
dengan sasaran untuk menciptakan nilai bagi bisnis yang dijalankan.
Komunikasi meliputi pengetahuan yang menyeluruh dari sisi internal dan eksternal
dari bisnis tersebut.
Komunikasi internal termasuk
komunikasi visi, strategi, rencana-rencana, kultur/budaya perusahaan,
nilai-nilai dan prinsip dasar yang terdapat pada perusahaan, motivasi karyawan,
serta gagasan. Komunikasi eksternal termasuk merk, pemasaran, iklan, hubungan
pelanggan, humas, hubungan-hubungan media, negosiasi-negosiasi bisnis.
Bagaimanapun bentuknya, semua hal tersebut memiliki tujuan yang sama, yaitu
menciptakan suatu nilai bisnis (create business value).
Komunikasi bisnis berbeda dengan
komunikasi antar pribadi dan komunikasi lintas budaya. Komunikasi antar pribadi
merupakan bentuk komunikasi yang lazim dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
antara 2 orang atau lebih untuk mencapai tujuan tertentu. Komunikasi lintas
budaya merupakan bentuk komunikasi yang dilakukan antara 2 orang atau lebih,
yang masing-masing memiliki budaya yang berbeda.
ciye mbak sinta... hehe bagus-bagus
BalasHapus