Rabu, 16 Mei 2012

Pengertian Komunikasi Bisnis

Komunikasi bisnis merupakan setiap komunikasi yang digunakan untuk membangun partnership, sumber daya intelektual, untuk mempromosikan suatu gagasan, suatu produk, servis, atau organisasi  dengan sasaran untuk menciptakan nilai bagi bisnis yang dijalankan. Komunikasi meliputi pengetahuan yang menyeluruh dari sisi internal dan eksternal dari bisnis tersebut.
Komunikasi internal termasuk komunikasi visi, strategi, rencana-rencana, kultur/budaya perusahaan, nilai-nilai dan prinsip dasar yang terdapat pada perusahaan, motivasi karyawan, serta gagasan. Komunikasi eksternal termasuk merk, pemasaran, iklan, hubungan pelanggan, humas, hubungan-hubungan media, negosiasi-negosiasi bisnis. Bagaimanapun bentuknya, semua hal tersebut memiliki tujuan yang sama, yaitu menciptakan suatu nilai bisnis (create business value).
Komunikasi bisnis berbeda dengan komunikasi antar pribadi dan komunikasi lintas budaya. Komunikasi antar pribadi merupakan bentuk komunikasi yang lazim dijumpai dalam kehidupan sehari-hari antara 2 orang atau lebih untuk mencapai tujuan tertentu. Komunikasi lintas budaya merupakan bentuk komunikasi yang dilakukan antara 2 orang atau lebih, yang masing-masing memiliki budaya yang berbeda.

1 komentar: